Kamis, 12 April 2012

Akar Kuning : Tanaman Ajaib untuk Sembuhkan Hepatitis dari Suku Dayak

Akar Kuning (Fibraurea chloroleuca) adalah salah satu tanaman obat kekayaan hutan Kalimantan yang sudah terbukti khasiatnya. Gambar di samping (batang yang miring) banyak disebut-sebut sebagai akar kuning, tetapi saya belum yakin apakah itu Fibraurea chloroleuca .
   Akar kuning sering digunakan untuk pengobatan hepatitis, krumut (cacar) dan untuk tanaman anti santet.  Banyak literatur yang sudah mengupas penelitian dari tanaman akar kuning yang  ternyata mengandung zat yang sering disebut dengan hepatoprotektor. (Silakan dicoba untuk search di google dengan salah satu kata berikut ini : akar kuning, hepatoprotektor, Fibraurea chloroleuca).
Berdasarkan dari beberapa referensi dan penelitian akar kuning  terbukti berkhasiat untuk:
  • Menambah daya tahan tubuh.
  • Memperbaiki fungsi hati (liver), berdasarkan atas kemampuannya yang dapat menurunkan kadar serum transaminase dan serum bilirubin serta dapat meningkatkan pertumbuhan sel hati.
Cara penggunaan:
Bagian batang Akar Kuning direbus hingga air rebusannya berwarna kuning, setelah dingin air rebusan diminum.
Pengetahuan saya tentang akar kuning saya dapat dari penduduk asli kalimantan yaitu suku dayak. Di Kalimantan Tengah, tepatnya di desa Sikan, saya mendapatkan informasi tentang akar kuning dari Suku Dayak Bakumpai. Di Kalimantan Barat saya mendapatkan informasi serupa dari masyarakat suku Dayak Ahe / Kanayatn dan Dayak Kayung.
Saya pernah membuktikannya sendiri, suatu ketika teman saya menderita hepatitis b, sudah kronis. Badanya yang dulu besar dan segar berubah menjadi pucat kurus kering. Hasil pemeriksaan dokter teman saya tersebut mengidap hepatitis B. Kerana banyak faktor teman saya tersebut menolak untuk dilakukan terapi, akhirnya saya yang menyarakan untuk meminum air akar kuning. Setelah 3 bulan, teman saya tersebut sembuh total.

Hepatitis adalah penyakit yang sangat serius, pengobatannya juga cukup mahal. Jika ada yang berminat dengan akar kuning ini saya siap menunjukkan dimana tempat akar kuning tumbuh subur. Sebagai informasi awal bahwa akar kuning banyak tumbuh di daerah Kalimantan Barat terutama di Ngabang, Bengkayang dan Ketapang. Secara khusus di Kabupetan Ketapang akar kuning sangat mudah ditemukan di hutan-hutan daerah Kecamatan Sandai, Nanga Tayap dan Sungai Laur. Tentu saja akar kuning juga mudah ditemukan di kawasan Taman Nasinonal Gunung Palung Kabupaten Ketapang.
Secara biologi, entah morfologi atau anatomi tanamannya saya tidak begitu paham tentang akar kuning ini, biarlah itu menjadi urusan ilmuwan ahli biologi atau tanaman. Banyak pihak akan sangat senang sekali jika ada para ahli yang mau meneliti lebih lanjut tentang akar kuning ini. Yang jelas kepentingan saya di sini adalah berbagi ilmu tentang survival di hutan kalimantan (mendapatkan air), dan berbagi pengetahuan tentang bagaimana menyembuhkan malaria dan hepatitis dengan cara alami/herbal murah meriah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar